"www.drg.co.id" by Dentists to dentists Please share as , Events, meetings, promotions, etc.            Tulis berita atau Balas komentar, Daftar Dulu,            CARI INFO , BERITA, SEMIANAR,JUAL BELI, LOWONGAN, HIBURAN, TERLANGKAP UNTUK DOKTER GIGI DRG.CO.ID,           
   Home >> BERITA PDGI
 
Date : 19-07-23 15:10
5 Alasan Kenapa Kamu Nggak Boleh Malas Scaling Karang Gigi. Bukan Cuma Bau Mulut, Penyakit Jantung Pun Bisa Mengintai
 Writer : nurul0719 (114.♡.228.136)
Hits : 968  
   https://www.hipwee.com/tips/5-alasan-kenapa-kamu-nggak-boleh-malas-sca… [270]

5 Alasan Kenapa Kamu Nggak Boleh Malas Scaling Karang Gigi. Bukan Cuma Bau Mulut, Penyakit Jantung Pun Bisa Mengintai

alasan kenapa kamu harus rajin scaling gigi



Gigi yang sehat dan kuat tak hanya sekadar berdampak pada kesehatan tubuh tapi juga menunjang penampilan agar lebih menarik dan percaya diri. Nggak heran, kini semakin banyak orang lebih peduli dan bahkan rela merogoh kocek dalam-dalam demi memperbaiki kondisi gigi agar lebih sehat, putih dan berkilau. Bahkan, banyak yang memilih untuk melakukan prosedur veneer gigi demi tampilan gigi yang sempurna.

Nah, ternyata setelah beranjak dewasa, rajin menggosok gigi saja tak cukup untuk menjaga kesehatan gigi secara menyeluruh. Agar gigi tetap kuat dan terhindar dari masalah, orang dewasa sebaiknya memeriksakan gigi ke dokter gigi minimal setiap 6 bulan sekali supaya kalau ada masalah, bisa segera dicegah.

Nah, selain memeriksakan kondisi gigi, kadang dokter akan menyarankan kamu untuk melakukan pembersihan karang gigi atau sering disebut juga scaling gigi. Scaling gigi bisa dilakukan 1-2 kali setahun, tergantung hasil pemeriksaan dokter. FYI, jika kamu menggunakan fasilitas BPJS, perawatan scaling yang ditanggung hanya 1 kali dalam setahun. Sebenarnya apa sih fungsi scaling gigi? Kudu rutin nggak sih? Apa saja manfaatnya? Biar rasa penasaranmu terjawab, yuk simak ulasan Hipwee kali ini!

1. Scaling gigi merupakan prosedur pembersihan karang gigi menggunakan alat yang disebut dengan ultrasonic scaler yang mengangkat karang gigi secara tuntas dan menyeluruh demi gigi lebih sehat

Scaling gigi via www.mitraasa.co.id

Dilansir dari hellosehat.com, karang gigi itu sendiri adalah tumpukan plak yang telah mengeras dan menempel pada gigi. Nah, si  karang gigi ini dapat membuat tampilan gigi menjadi kusam dan tak terawat, karena plak keras tersebut melapisi gigi dengan lapisan berwarna kuning cokelat, hingga hitam.

2. Kalau kamu kira nggak perlu scaling gigi karena sudah rajin sikat gigi, ternyata kamu salah. Pasalnya plak biasa memang bisa dibersihkan dengan menyikat gigi, namun karang gigi nggak mudah dibersihkan dengan cara yang sama

Jangan takut periksakan gigi kamu! via www.alodokter.com

Prosedur scaling gigi dapat membersihkan karang yang sangat keras sekalipun, karena menggunakan alat khusus yang mampu  bekerja membersihkan sela-sela hingga bagian terdalam gigi dari tumpukan karang gigi serta bagian garis gusi yang biasanya sulit dijangkau dengan sikat gigi. Kumur-kumur dengan obat kumur saja nggak cukup lo.

3. Manfaat scaling gigi bukan hanya sekadar membersihkan gigi dari karang saja lo, tetapi juga dapat mencegah beberapa penyakit berbahaya. Apa saja itu?

Lumayan kan bedanya? via id.pinterest.com

  • Berbagai macam masalah gigi. Karang gigi dapat menjadi sarang bakteri. Bakteri tersebut dapat menyebabkan berbagai masalah gigi, misalnya adalah halitosis (bau mulut), gusi gatal, dan gusi berdarah. Selain itu, asam yang dikeluarkan oleh bakteri juga berisiko membuat gigi berlubang. Karang gigi juga bisa mengikis tulang penyangga gigi dan membuat gigi menjadi goyang bahkan bisa lepas. Duh, serem kan?
  • Gingivitis. Masalah gigi yang disebabkan oleh karang gigi jika disepelekan dapat mengiritasi dan menyebabkan peradangan gusi atau gingivitis. Penyakit ini membuat gusi merah, bengkak dan mudah berdarah.
  • Periodontitis. Bila gingivitis nggak segera diobati, maka akan menjadi lebih parah yang dikenal dengan periodontitis. Penyakit ini menyebabkan adanya jarak antara gusi dan gigi yang disebut kantong. Jika kantong tersebut dipenuhi bakteri, sistem kekebalan tubuh secara alami melepaskan zat kimia untuk melawan bakteri tersebut. Reaksi dari zat kimia yang dilepaskan tubuh dan bakteri dapat merusak tulang gigi. Akibatnya dapat menyebabkan tulang, gusi, dan jaringan penopang gusi menjadi hancur.
  • Penyakit jantung. Dilansir dari WebMD, bakteri yang menyebabkan penyakit gusi juga dapat meningkatkan risiko terjadinya penyakit jantung lo. Bakteri yang terkandung dalam karang gigi dapat menginfeksi jaringan penyangga gigi dan bisa menyebar ke seluruh tubuh. Bahayanya kalau bakteri tersebut masuk ke aliran darah dan dapat menyebar ke organ lain seperti jantung. Amit-amit kan?

4. Scaling gigi sebaiknya dilakukan setiap 6 bulan sekali. Namun, pada beberapa kasus berat, scaling gigi dapat dilakukan hingga 3 bulan sekali agar masalah gigi bisa dicegah

Orang Indonesia umumnya masih suka enggan nih ke dokter via www.yourdentalhealthpartners.com

Penting diketahui, saat melakukan scaling gigi, kamu mungkin akan mengalami pendarahan, gusi bengkak dan nyeri yang tertolerir. Hal ini terjadi karena gusi dan gigi yang berkarang menyesuaikan diri dengan proses scaling tersebut. Tapi dokter tentu akan mengantisipasi hal-hal seperti ini.

5. Buat kamu yang bertanya-tanya dan ragu, seperti apa sebenarnya tindakan scaling gigi, bisa cek video berikut ini. Tenang, biasanya sih nggak akan terasa sakit kok!

Gimana, sudah nggak ada alasan lagi kan untuk nggak buru-buru bikin janji ke dokter gigi? Selain mencegah kerusakan gigi lebih dini, scaling gigi juga memberikan tampilan gigi yang lebih bersih lo! Ya, meski nggak akan sekinclong saat kamu melakukan tindakan pemutihan gigi atau veneer gigi tapi yang penting masalah gigi bisa dicegah. Semoga informasi kali ini bermanfaat ya!


 
 

Total 628



No. SUBJECT WRITER DATE HIT
508 Ada Perawatan Gigi dan Mulut Gratis di Bener Meriah, Ini Jadwalnya nurul0819 2019-08-02 15:38 763
507 10 Tips Menjaga Kebersihan dan Kesehatan Gigi nurul0819 2019-08-01 16:21 799
506 Tak Cuma Soal Manfaat bagi Gigi dan Mulut, Ini Pentingnya Milih Pasta Gigi Halal nurul0719 2019-07-31 14:48 919
505 5 Risiko Buruk Kalau Kamu Malas Sikat Gigi Sebelum Tidur nurul0719 2019-07-29 15:04 815
504 Waktu Ideal Menggosok Gigi Selama Puasa nurul0719 2019-07-27 11:04 1202
503 7 Cara Menghilangkan Bau Mulut Setelah Makan Bawang nurul0719 2019-07-26 14:23 805
502 Plt Kadinkes Harap DPC PTGMI Kubu Raya Ikut Berkontribusi Atasi Masalah Kesehatan Gigi dan… nurul0719 2019-07-25 11:08 854
501 5 Sumber Bau Mulut ,Walau Rajin Gosok Gigi nurul0719 2019-07-25 10:38 976
500 Konflik-Konflik Hidup yang Dialami Orang-Orang Berbehel nurul0719 2019-07-24 13:56 1015
499 Benarkah gigi bungsu tidak berguna? Ini asal-usulnya nurul0719 2019-07-24 11:06 839
498 5 Alasan Kenapa Kamu Nggak Boleh Malas Scaling Karang Gigi. Bukan Cuma Bau Mulut, Penyakit… nurul0719 2019-07-23 15:10 969
497 Alkes Poli Mulut dan Gigi Mendesak nurul0719 2019-07-23 14:23 974
496 Apa Perbedaan Dokter Gigi Umum dan Dokter Gigi Spesialis Ortodonti nurul0719 2019-07-22 14:25 1001
495 Mengapa melakukan perawatan Ortodonti / behel / kawat gigi sebaiknya dengan dokter gigi sp… nurul0719 2019-07-22 14:03 968
494 Membersihkan Lidah Secara Rutin Itu Penting, Ini Penjelasannya nurul0719 2019-07-20 10:52 1041
493 Plak Gigi Bisa Kurangi Percaya Diri! Ini Solusi untuk Mengatasinya! nurul0719 2019-07-19 15:32 1347
492 Ada Belatung di Gusi Pria Ini, Keluarga Gugat Rumah Sakit nurul0719 2019-07-18 13:56 889
491 Hati-hati, Stres Timbulkan Gigi Ngilu nurul0719 2019-07-18 11:52 1027
490 Kenali 5 Hal Tak Terduga Penyebab Noda pada Gigi nurul0719 2019-07-17 15:40 1681
489 Tidur dengan Mulut Diplester, Ini Manfaatnya nurul0719 2019-07-17 15:38 1054
488 Pasta Gigi Arang tidak Terbukti Putihkan Gigi nurul0719 2019-07-16 15:14 1096
487 Ingin Bobo Nyenyak? Cek Manfaat Pakai Plester Mulut Saat Tidur nurul0719 2019-07-16 14:40 929
486 Terasa Sangat Mengganggu, Ini 5 Penyebab Mulut Terasa Pahit nurul0719 2019-07-15 15:42 922
485 Daftar Perawatan Gigi yang Ditanggung BPJS nurul0719 2019-07-15 14:53 1713
484 Amankah Tidur dengan Mulut Diplester Seperti Penyanyi Andien? nurul0719 2019-07-13 11:02 1202
483 Cegah Gigi Berlubang dengan Makan Yoghurt nurul0719 2019-07-13 11:00 1801
482 Berawal dari Behel, Gigi Pembalap Cantik ini Ompong dan Ternyata Kanker nurul0719 2019-07-12 15:30 1292
481 Tambal Gigi atau Cabut Gigi? Pilih Sesuai Kondisi nurul0719 2019-07-11 10:14 1145
480 Menjaga Kesehatan Gigi dan Mulut Sesuai Anjuran Rasulullah nurul0719 2019-07-11 10:10 1181
479 Ternyata Siwak Bisa Kurangi Gejala Rematik, Ini Penjelasannya! nurul0719 2019-07-10 16:07 978
Begin  1  2  3  4  5  6  7  8  9  10  Next  End
 

'COMMUNITY'
     PAMERAN 
     SEMINAR 
     JURNAL 
     BERITA PDGI 
     LOWONGAN 
     PASAR GIGI 
     KONSULTASI GIGI 


 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

Today : 678 | Yesterday : 711

Max : 879   Total : 1,150,869
 

About ME | BLOG | PRIVACY | GUEST

Copyright 2012(c) drg.co.id  All Rights Reserved.